just another trash of my head, based on what I see and feel about…

Nah lhooo? apaan tuh Gyachi? Hehehe…

Bagi penggila chatting, ups… maksudnya sering chatting dan sudah terbiasa dengan sistem operasi windows, pasti dengan mudahnya melakukan hal tersebut. Yahoo Messenger a.k.a YM! sebagai platform chatting terpopuler di windows (eh, ini menurut saya lho yaa… jangan mau jadi korban iklan *eh), sangatlah mudah didapat, diinstal dan digunakan (udah kayak iklan uang ini yak :hammer). Well, abaikan!. YM! sebagai platform yang lagi-lagi “maaf” menurut saya populer dan banyak digunakan, juga mendukung voice dan video call. Yah, yang paling penting sih semuanya gratis, selama kita terhubung dengan jaringan internet. Okay, jadi apa hubungannya yak?

Sabar dulu guys, sekedar overview di atas. Sebagai gambaran saja, mengenai poin yang akan saya sampaikan, Gyachi. Gyachi, sama hal nya dengan YM!, sebuah aplikasi client Yahoo Messenger namun untuk sistem operasi Linux (dalam hal ini Ubuntu 10.04, yang saya biasa gunakan).  Sebagian orang mungkin terbiasa menggunakan Gaim atau sekarang bernama Pidgin sebagai client YM! mereka jika sudah menggunakan Ubuntu Linux, karena paket bundling yang ditawarkan Ubuntu ketika pertama kali di install adalah Pigdin, bukan Gyachi. Nah, apa beda nya dong? kan sama-sama buat chatting YM?

Eits… jangan salah. Menurut saya, Gyachi justru memiliki fitur yang lebih lengkap dibandingkan dengan Pidgin. Apa tuh? Sebagai ummat Indonesia, yang sudah terdoktrin dengan Sistem Operasi Windows (eeeaaaa, lebay gak? :hahaha), kita pasti akan membandingkan fitur yang ditawarkan YM! di windows dan di linux. Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, YM! versi windows, mendukung chatting via text, voice bahkan video. Nah, sementara si Pidgin belom sanggup kayaknya buat video call, sayangkan kalau kita yang sudah terlanjur punya webcam tapi ngga dipakai. Sejauh pantauan saya, Pidgin cuma bisa chatting via text dan voice saja (atau saya kurang update? entahlah, yang jelas setahu saya begitu). Meskipun semua orang tahu bahwa Pidgin user friendly, multi user, pokoknya buat user dah. (DJ Got Us Falling In Love Again…. *eh, itu mah Usher 😀 ).

Gyachi menghadirkan fitur yang dilewatkan Pidgin, yup…. VIDEO CALL / CHATTING. Sebagai pemilik wajah tampan, sebagai orang baik (ngga usah iri yak! hehehe :ditimpuk bata), saya seringkali menggunakan jasa video chatting sebagai sarana komunikasi dengan teman-teman yang jauh (ah… sepik!). Gyachi sangat membantu saya memenuhi keinginan tersebut. Tapi, kan susah tuh install aplikasi di Linux?. Salah, jawabannya sangat mudah, semuanya bisa dipelajari, yang penting optimis dan selalu mencoba. Saya pun entah kenapa baru tertarik bahas ini, padahal saya sudah lama pakai Gyachi ini. Baru ingat ketika ada seorang teman yang bertanya soal bagaimana cara video call / chatting via linux ubuntu.

 

contoh (sahidslow.blogspot.com)

Okay, jadi begini buat yang mau ikutan install, syaratnya harus pakai Ubuntu 10.04 :

1. Menggunakan File .deb (Via Offline)

2. Via Online

Sebetulnya, keduanya online karena download kan butuh jasa online :D, tapi beda cara sih. Untuk metode offline, kita mesti DOWNLOAD file berikut terlebih dahulu. File tersebut adalah file .deb yang saya maksud. Okay, setelah file tersebut terdownload, langsung saja double klik file tersebut.

> Apa yang anda lihat? Minta password terus langsung jalan otomatis? — Yups, anda benar!

> Yaudah selesai, tinggal diuji. Begini caranya klik pada Aplikasi>Internet>Gyache Improved. Kalo jalan berarti berhasil.

Nah, untuk cara yang kedua, via online. begini nih :

> Buka command prompt, login as administrator > sudo su (enter) password anda.

> Tambahkan repository untuk update, begini caranya -> sudo add-apt-repository ppa:adilson/experimental

Tujuan pembuatan repository tersebut, agar bisa diupdate (Gosipnya, Gyachi tidak bisa berjalan di Ubuntu 10 ke atas). Yah… sebagai antisipasi saja, toh cuma sebentar koq loading nya. Langkah selanjutnya?

> sudo apt-get update (Dibagian ini yang cukup lama…… )

> Setelah selesai, baru deh kita install. ketik > apt-get install gyachi. tunggu sampai selesai deh.

 

Nah, menurut pengalaman saya sih begitu. Maaf kepanjangan, tapi yah terserah juga kan… toh ini blog pribadi, mau diapain juga terserah saya (gilak… minta dilempar batu, hahaha). Well, semoga bermanfaat, mohon maaf bagi yang sedang googling, malah nyasar ke blog sampah ini. Let’s Chatting!

Advertisements

Comments on: "Instalasi Gyachi di Ubuntu 10.04" (3)

  1. bgus ko bahasanya jg ga monoton. thanks ya bleh copas kan

  2. bisa koq di ubuntu 11.1

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: