just another trash of my head, based on what I see and feel about…

Ubuntu lagi nih, kemaren via chatting ada seorang teman yang bertanya mengenai Linux Ubuntu, kebetulan saya pakai versi Ubuntu 10.04 a.k.a Lucid Lynx. Dari sekian banyak pertanyaan, ada pertanyaan yang paling mendasar mengapa saya pakai Sistem Operasi ini, dia bertanya :

Apa sih yang lo suka dari Linux Ubuntu?

Mungkin maksudnya, kenapa saya putuskan menggunakan Ubuntu Linux padahal dia tahu saya pernah pakai beberapa distro lain Linux dan beberapa alasan lain. Berikut alasan saya menggunakan Ubuntu Linux :

Ubuntu 10.04

Tampilan Desktop Ubuntu 10.04 by Photobucket

1. Free, Gratis, Open Source
Mungkin teman-teman sudah tahu sifat linux yang bebas biaya alias gratis, berbeda dengan Sistem Operasi Windows yang mesti membayar lisensi. Jika anda katakan bahwa anda gratis, berarti anda telah membajak dan mendukung kejahatan. Ngga munafik sih, tapi setidaknya saya mengurangi.

2. Mudah di Instal atau pun Trial
Tidak ada kesulitan sama sekali, instruksi yang tertera di CD Ubuntu 10.04 (Yang saya pakai), sangat jelas, user friendly. Jika kita masih ragu untuk menginstal, bisa kita coba versi trial atau live CD.

3. Bebas Virus
Iyalah, lagian yang buat virus juga males kali yak, secara Distro linux banyak banget, bukan cuma Ubuntu aja. Kalau Windows? jangan tanya soal virus, poool.

4. Lebih Cepat, Lebih Elegant
Ngga tau kenapa, saya pikir proses booting Ubuntu 10.04 ini sangat cepat, windows doang mah lewat :p. Udah gitu tampilannya bookk, canggih dah, elegant dan yang pasti keren.

5. Banyak Dukungan Forum
Ini nih yang juga penting, kalo kita kesulitan sesuatu soal Ubuntu Linux, tinggal masuk forum nya aja. Banyak banget forum Ubuntu di seluruh dunia, bahkan Indonesia.

6. Selalu Uptodate
Setahu saya, Ubuntu Linux yang update nya paling cepet, setiap 6 bulan sekali, biasanya bulan April dan Oktober. Itulah kenapa ekor si Ubuntu selalu bernomor 04 dan 10. Sementara 2 Digit angka di depannya adalah tahun pembuatan. Misal Ubuntu 10.04 yang saya pakai, adalah buatan tahun 2010 bulan April.

Nah, itu alasan saya memakai si Lucid Lynx. Tertarik mencoba?

Leave a Reply

