just another trash of my head, based on what I see and feel about…

Keunikan Ubuntu

Entahlah, menurut saya ini sangat unik. Ubuntu memiliki nama tersendiri di setiap paket nya, seperti yang telah saya katakan pada post sebelumnya mengenai penamaan Ubuntu dengan angka khusus. Tidak hanya itu, ternyata Ubuntu memiliki nama khas nya di setiap update tersebut. Jujur, awalnya saya pun tidak terlalu -ngeh- dengan nama si Ubuntu, karena kebetulan saya baru kenal Sistem Operasi ini di tahun 2006 dan mulai pakai secara aktif sekitar tahun 2008.

Ternyata Ubuntu sudah ada dari tahun 2004, atau mungkin lebih lama dari itu kali yak? entah. Dan berikut keunikan yang saya maksud, mengenai nama di setiap versi nya :

1. Ubuntu 4.10

Ubuntu 4.10

Ubuntu 4.10

Resmi rilis pada Oktober 2004, diberi nama Warty Warthog. Warty artinya kulit ditutupi dengan gumpalan kasar/kutil. Sementara Warthog berarti babi hutan jantan berkepala besar yang bertaring dan memiliki dua kutil di wajahnya.

2. Ubuntu 5.04

Ubuntu 5.04

Ubuntu 5.04

6 Bulan kemudian atau sekitar April 2005 versi ini rilis, diberi nama Hoary Hedgehog. Hoary artinya yang ditutupi dengan rambut kelabu. Hedgehog (Landak) adalah mamalia kecil yang memiliki duri di bagian belakang dan samping badannya.

3. Ubuntu 5.10

Ubuntu 5.10

Ubuntu 5.10

Pada Oktober 2005 versi ini rilis, diberi nama Breezy Badger. Breezy yang berarti segar, animasi dan hidup. Badger (musang) adalah mamalia penggali yang merupakan jenis hewan karnivora.

4. Ubuntu 6.06 LTS

Ubuntu 6.06

Ubuntu 6.06

Edisi ini telat 2 bulan dari biasanya, Yup tepatnya pada bulan Juni 2006 baru di rilis. Namun versi ini merupakan veri LTS yang merupakan singkatan dari Long Term Service. Tahukah artinya? :p, LTS maksudnya pada versi tersebut berarti terdapat dukungan selama 3 tahun untuk update perkembangan selanjutnya. Mungkin inilah penyebab keterlambatan yang bisa dimaklumi. Well, versi ini diberi nama Dapper Drake. Dapper berarti sangat bergaya dan berpakaian rapi. Drake adalah bebek jantan.

5. Ubuntu 6.10

Ubuntu 6.10

Ubuntu 6.10

Meski versi sebelumnya telat 2 bulan, komitmen Ubuntu untuk menyajikan update setiap 6 bulan, yaitu setiap April dan Oktober tetap dijalankan. Versi ini rilis sekitar Oktober 2006, diberi nama Edgy Eft. Edgy berarti berani, tinggi gaya dan provokatif. Eft berarti kadal (salamander).

6. Ubuntu 7.04

Ubuntu 7.04

Ubuntu 7.04

See, Ubuntu kembali merilis versi terbarunya pada April 2007, diberi nama Feisty Fawn. Feisty berarti penuh semangat dan menunjukkan keberanian. Fawn adalah rusa muda (anak rusa).

Bersambung dulu ah…

Advertisements

Comments on: "Keunikan Ubuntu" (1)

  1. […] seperti janji saya kemarin lusa, ini lanjutan keunikan Ubuntu a.k.a nama-nama Ubuntu, ini bukan versi saya, tapi semua orang sepertinya begitu, karena dari […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: