just another trash of my head, based on what I see and feel about…

Keunikan Ubuntu Part 2

Baiklah, seperti janji saya kemarin lusa, ini lanjutan keunikan Ubuntu a.k.a nama-nama Ubuntu, ini bukan versi saya, tapi semua orang sepertinya begitu, karena dari Ubuntu resmi nya memang begitu. Well, let’s go!

7. Ubuntu 7.10

Ubuntu 7.10

Ubuntu 7.10

Langsung ke edisi 7 yang rilis sekitar Oktober 2007. Versi distro yang satu ini diberi nama Gutsy Gibbon. Gutsy artinya menjadi berani atau berani. Gibbon adalah kera kecil. So, artikan sendiri ya lengkapnya 😀

8. Ubuntu 8.04 LTS

Ubuntu 8.04

Ubuntu 8.04

Versi 8.04 ini merupakan versi LTS (Long Term Service) yang sama dengan versi 6.06 LTS lalu. Meski pada versi 6.06 telat 2 bulan, Ubuntu tetap berkomitmen menghadirkan update setiap 6 bulan sekali. Edisi LTS ini rilis pada April 2008 dan diberi nama Hardy Heron. Hardy berarti kuat dan kokoh. Heron (burung bangau) adalah sejenis burung yang memiliki leher, kaki, dan paruh yang panjang.

9. Ubuntu 8.10

Ubuntu 8.10

Ubuntu 8.10

Oktober 2008, Ubuntu kembali merilis versi 8.10 yang diberi nama Intrepid Ibex. Intrepid berarti memiliki atau menunjukkan keberanian. Ibex adalah kambing liar dari gunung bidang Eurasia dan Afrika utara yang memiliki tanduk besar.

10. Ubuntu 9.04

Ubuntu 9.04

Ubuntu 9.04

6 bulan berlalu sejak versi 8.10 dikeluarkan, April 2009 Ubuntu kembali merilis versi 9.04 yang diberi nama Jaunty Jackalope. Jaunty berarti bersemangat tinggi, ringan, lincah, cekatan, gembira, dan periang. Jackalope adalah kelinci yang memiliki tanduk karena ia merupakan sebuah spesies hibrida, campuran antara kelinci dan antilope (sejenis kijang bertanduk).

11. Ubuntu 9.10

Ubuntu 9.10

Ubuntu 9.10

Sementara edisi Karmic Koala resmi rilis pada Oktober 2009. Karmic mungkin bisa diartikan bertindak, tindakan, dan penuh kinerja dan Koala adalah salah satu binatang berkantung (marsupial) khas dari Australia.

12. Ubuntu 10.04 LTS

Ubuntu 10.04

Ubuntu 10.04

Nah, ini nih edisi terpenting bagi saya pribadi. Karena mulai edisi ini, saya sudah total meninggalkan Windows pada laptop saya. Sebelumnya saya hanya pakai pada PC saja dan itu pun double Sistem Operasi, karenanya sesekali masih selingkuh ke Windows. Lucid Lynx, yup… itulah nama resmi Ubuntu edisi 10.04 LTS ini, resmi rilis pada April 2010. Menurut saya sih, Lucid berarti cepat, terang dan cekatan dan Lynx sendiri berarti kucing hutan. So, edisi ini nampak sekali mengutamakan speed, yang saya rasakan sih begitu.

Untuk edisi selanjutnya sih belum saya coba jadi kurang tahu detail apa kelebihan dan kekurangannya, karena jujur saya memang sedang memfokuskan diri dulu pada edisi 10.04 LTS. Sekedar pengetahuan aja, edisi 10.10 bernama resmi Maverick Meerkat (rakun hutan). Sementara “gosipnya” edisi 11.04 udah ada dengan nama resmi Natty Narwhal Alpha 1. Yup, edisi ini masih versi Alpha, yah namanya juga masih bayi banget. Natty Narwhal sendiri berarti Lumba-lumba yang rapi, eh?

Whewh, itulah keunikan Ubuntu menurut saya, semua versi punya nama khusus dan yang pasti unik dan sesuai dengan karakteristik produk yang ditawarkan di dalamnya. So, Let’s Go for Open Source!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: